Jumat, 19 Oktober 2012

Pengertian Etika

Dalam bersosialisasi dan bermasyarakat, etika merupakan unsur penting yang harus selalu diperhatikan oleh para anggota masyarakat jika keberadaan atau eksistensi mereka ingin selalu diakui dan dihargai oleh anggota masyarakat yang lain. Kehidupan bermasyarakat mempunyai aturan main tertentu, baik itu yang tertulis maupun yang tidak tertulis, yang dijadikan sebagai pedoman dalam bergaul atau berinteraksi. Etika merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi perkembangan hidup manusia. Kemajuan peradaban dan budaya manusia tidak akan pernah terlepas dari yang namanya etika. Karena tanpa etika, kehidupan macam apapun juga tidak akan berjalan dengan teratur. Sementara keteraturan itu sendiri sangat diperlukan sebagai syarat untuk berkembangnya ilmu dan pengetahuan manusia.

Pengertian etika menurut para ahli

Drs. O.P. SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
Drs. H. Burhanudin Salam : etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya.

Pengertian Hedonisme
Menurut saya Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan kodrat tujuan hidup dan tindakan manusia. Tak bisa dipugkiri siapapun orang yang anda temui lebih memilih tertawa daripada bersedih, bahkan hewanpun sedemikian juga.

Egoisme
Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu target serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain. Istilah lainnya adalah "egois". Lawan dari egoisme adalah altruisme. Hal ini berkaitan erat dengan narsisme, atau "mencintai diri sendiri," dan kecenderungan mungkin untuk berbicara atau menulis tentang diri sendiri dengan rasa sombong dan panjang lebar.

Perbedaan:
1. Egoisme lebih mementingkan diri sendiri ataupun kelompok meskipun orang atau kelompok lain dirugikan sedangkan hedonisme mementingkan diri sendiri demi kesenangan yang didapat secara individual.
2. Hedonisme mengandung sifat egoisme sedangkan egoisme belum tentu mengandung hedonisme.
3. Hedoisme timbul dari kodrat manusia sejak lahir yang menginginkan suatu kesenangan sedangkan egoisme dapt diciptakan, timbul tidak hanya dari psikologis saja tetapi juga dari pengaruh lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar